McClelland (dalam Marwisni Hasan 2006)
menyatakan bahwa orang yang mempunyai motivasi berprestasi yang tinggi,
mempunyai ciri-ciri sebagai berikut:
1.Mempunyai tanggung jawab pribadi
Siswa yang mempunyai motivasi berprestasi akan
melakukan tugas sekolah atau bertanggung jawab terhadap pekerjaannya.
Siswa yang bertanggung jawab terhadap pekerjaan akan puas dengan hasil pekerjaan karena merupakan hasil usahanya sendiri.
2.Menetapkan nilai yang akan dicapai atau menetapkan
standar unggulan
Siswa menetapkan nilai yang akan dicapai. Nilai itu
lebih tinggi dari nilai sendiri (internal) atau lebih tinggi dengan
nilai yang dicapai oleh orang lain (eksternal). Untuk mencapai nilai yang
sesuai dengan standar keunggulan, siswa harus menguasai secara tuntas
materi pelajaran.
3.Berusaha bekerja kreatif
Siswa yang bermotivasi tinggi, gigih dan giat mencari
cara yang kreatif untuk menyelesaikan tugas sekolahnya. Siswa
mempergunakan beberapa cara belajar yang diciptakannya sendiri, sehingga siswa
lebih menguasai materi pelajaran dan akhirnya memperoleh prestasi yang tinggi.
4. Berusaha mencapai cita-cita
Siswa yang mempunyai cita-cita akan berusaha
sebaik-baiknya dalam belajar atau mempunyai motivasi yang tinggi dalam belajar.
Siswa akan rajin mengerjakan tugas, belajar dengan keras, tekun dan ulet dan
tidak mundur waktu belajar. Siswa akan mengerjakan tugas sampai selesai dan
bila mengalami kesulitan ia akan membaca kembali bahan bacaan yang telah
diterangkan guru, mengulangi mengerjakan tugas yang belum selesai.
Keberhasilan pada setiap kegiatan sekolah dan memperoleh hasil yang baik
akan memungkinkan siswa mencapai cita-citanya.
5.Memiliki tugas yang moderat
Memiliki tugas yang moderat yaitu memiliki tugas yang
tidak terlalu sukar dan tidak terlalu mudah. Siswa dengan motivasi berpretasi
yang tinggi, yang harus mengerjakan tugas yang sangat sukar, akan tetapi
mengerjakan tugas tersebut dengan membagi tugas menjadi beberapa bahagian,
yang tiap bagian lebih mudah menyelesaikanya.
6.Melakukan kegiatan sebaik-baiknya
Siswa yang mempunyai motivasi berprestasi yang tinggi
akan melakukan semua kegiatan belajar sebaik mungkin dan tidak ada
kegiatan lupa di kerjakan. Siswa membuat kegiatan belajar dari mentaati jadwal
tersebut. Siswa selalu mengikuti kegiatan belajar dan mengerjakan
soal-soal latihan walaupun tidak disuruh guru serta memperbaiki tugas yang
salah. Siswa juga akan melakukan kegiatan belajar jika ia mempunyai buku
pelajaran dan perlengkapan belajar yang dibutuhkan dan melakukan kegiatan
belajar sendiri atau bersama secara berkelompok.
7.Mengadakan antisipasi
Mengadakan atisipasi maksudnya melakukan kegiatan
untuk menghindari kegagalan atau kesulitan yang mungkin terjadi. Antisipasi
dapat dilakukan siswa dengan menyiapkan semua keperluan atau peralatan
sebelum pergi ke sekolah. Siswa datang ke sekolah lebih cepat dari jadwal
belajar atau jadwal ujian, mencari soal atau jawaban untuk latihan. Siswa
menyokong persiapan belajar yang perlu dan membaca materi pelajaran yang
akan di berikan guru pada hari berikutnya.
Sumber:
Tidak ada komentar:
Posting Komentar